assalamualaikum…

kali ini pengen berbagi nih, hehe walau dah banyak yang mosting artikel ini tapi ga ada salahnya donk..

kemaren baru aja instal Ubuntu 12.04 nih critanya.. trus pengen update ga ada jaringan internetnya, yang ada cuma Modem Smartfren CE682 doank.. karena masih baru pake Linux ampe puyeng deh gimana cara instalnya.

Nah ikuti langkah berikut yah…

  1. Download file smartpret disini
  2. Setelah download pindahin file smarpret.tar.gz ke direktori /home biar mudah di cari
  3. Buka terminal trus masuk ke direktori /home, ketik cd /home/[namauserkamu]
  4. Buka isi direktori /home, ketik ls
  5. Ekstrak smarpret.tar.gz, ketik tar -xvf smarpret.tar.gz
  6. kemudian masuk ke folder smarpret, ketik cd smarpret
  7. Instal wvdial dan setting modem, ketik sh install.sh
  8. Jalankan smarpret, ketik sh smart.sh (setiap akan jalankan smarpret jalankan perintah tadi dari foldernya melalui terminal)
  9. Jika belum jalan, cabut modem, tunggu sebentar lalu colokkan lagi, sampai modem terdeteksi komputer
  10. kalau belum jalan juga ulangi langkah 8

kalau mau Ubuntu 12.04 desktop download disini

Semoga Bermanfaat yah…

wassalamualaikum…

Advertisements